Jumat, 21 Agustus 2015

Blog Yusuf Ramli : Tambak Demi Masa Depan

Tambak ikan merupakan salah satu tempat penghasil ekonomi yang sangat penting bagi para nelayan. Banyak dari pelayan yang memanfaatkan tambak ikan untuk membudidaya ikan seperti usaha kasus Yusuf Ramli Komira.


Ada beberapa perusahaan BUMN yang bergerak dalam sektor perikanan menjadi bagian tak terpisahkan dalam pembangunan masyarakat dan petani tambak di beberapa daerah tergantung lokasi. Ada perusahaan yang membangun perikanan untuk mewujudkan masyarakat perikanan lebih maju, sejahtera dan martabat.

Misalkan seperti yang ada di daerah karawang, ada sebuah rawa yang tidak berfungsi, hingga presidan Soeharto saat itu memilih menjadikannya sebagai tambak budidaya. Kini, tambak budidaya tersebut disebut dengan tambak soeharto yang kemudian dikelola oleh pemerintah sebagai BLU.

Di lokasi tersebut, perusahaan BUMN membangun bisnis budidaya udang dengan luas 40 Ha, dan bisnis ini merupakan bagian upaya membangun sektor perikanan budidaya yang berdaya asing. Hal ini tentu membawa keuntungan bagi masyarakat setempat sebagai tenaga kerja untuk mengelola tambak tersebut.

Jika tambak udang berhasil dibudidayakan, akan menjadi contoh pengembangan usaha budidaya udang yang melibatkan masyarakat lokal. Ini bukti bahwa potensi perikanan Indonesia sangat besar dan belum maksimal untuk dimanfaatkan.

Nah, maka dari itu seperti usaha yang dijalankan oleh Yusuf Ramli Komira, membuat masyarakat mendapatkan lapangan pekerjaan. Sehingga kedepannya membuat masyarakat menjadi lebih maju, sejahtera dan berkembang. Semoga dengan adanya pembudidayaan ikan ini, dapat membuat Indonesia lebih maju dan dapat bersaing dengan negara lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar