Selasa, 17 Februari 2015

Blog Yusuf Ramli : Ketahui Hal Penting Mengawali Bisnis Perikanan


Anda merupakan seseorang yang ingin memulai usaha bisnis perikanan? Tahukah anda tentang seorang pengusaha perikanan yang sukses bernama Yusuf Ramli Komira dengan kemampuannya dalam berbisnis berhasil maju dalam bidang perikanan?

Pasti anda selalu bertanya bagiamanakah cara untuk mengawali bisnis budaya perikanan yang benar dan pastinya tepat? Ada berbagai hal yang perlu anda ketahui sebagai pemula dalam berbisnis perikanan satu ini. Coba ketika anda melihat sendiri apa untungnya dari bisnis satu ini? Sangat besar, karena kebutuhan masyarakatnya yang suka dengan jenis makanan laut satu ini.


Selain itu, potensi penjualan ikan di Indonesia juga cukup besar mengingat banyaknya permintaan pasar akan ikan tersbut. Namun, perikanan di Indonesia masih kalah jauh dibandingkan dengan negara lainnya seperti China, Vietnam, dan taiwan yang lebih besar jumlah produksinya dibandingkan eksport.

Mengapa Indonesia termasuk masih mengekspor? Karena ketersediaannya yang kurang dan lemahnya pengawasan terhadap laut untuk perikanan di Indonesia. Sudah banyak malah negara lain yang malah mencuri perikanan di Indonesia dan jarang diketahui oleh negara kita sendiri. Maka dari itu, sebaiknya perlu tindakan lebih lanjut dari anda sendiri untuk membantu penuhi kebutuhan masyarakat tersebut dengan memulai bisnis perikanan.

Namun dalam memulai bisnis tersebut ada hal yang harus anda perhatikan dengan baik. Apa saja? Tentu saja ikan, kemudian pakan makanannya, air, kolam untuk ikan dan tentunya terakhir adalah SDM. Hal tersebut sangat penting untuk ada dalam berbisnis perikanan, jika salah satunya tidak ada maka anda akan gagal dalam berbisnis.

Meskipun dalam berbisnis pasti ada saja kegagalan yang akan terjadi, pasti semuanya tidak akan jauh dari hal penting yang telah disebutkan sebelumnya. Karena kegagalan tersebut bisa saja seperti perolehan benih yang kurang bagus mutunya atau pakan yang memang tidak layak dikonsumsi ikan. Hal kecil tersebut penting untuk diperhatikan agar tidak terjadi kesalahan besar.

Perhatikan juga anda memiliki kualitas SDM yang berpengalaman dan berkompeten dalam mengurus ikan tersebut. Agar kesehatan dan perawatannya dapat terjaga dengan baik. Jika hal penting diatas tersebut bisa anda kelola dengan baik maka tidak akan ada masalah yang akan timbul dalam berbisnis perikanan.

Anda tidak akan perlu khawatir lagi dalam berbisnis perikanan yang akan dijalani jika hal penting tersebut dijalani dan dianalisis secara keseluruhan. Bagi para pemula yang khususnya pembesaran pasti hal yang paling penting diperhatikan adalah pakannya. jika ketersediaan pakan alami atau alternatif gratis maka anda dapat mengurnagi pengeluaran operasional sehingga memperoleh keuntungan lebih besar.

Demikian merupakan hal penting yang patut anda ketahui dalam berbisnis perikanan. Anda bisa belajar dari mereka yang sudah sukses dalam bisnis perikanan seperti Yusuf Ramli Komira yang sudah berpengalaman dalam bisnisnya tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar