Rabu, 18 Februari 2015

Blog Yusuf Ramli : 3 Jenis Usaha Perikanan Yang Perlu Anda Ketahui


Sejak zaman dahulu manusia sudah sangat terlatih untuk memanfaatkan sumber daya yang ada mulai dari alam hingga berbagai binatang yang ada di muka bumi salah satunya adalah Ikan.

Ikan bukan hanya bisa dimanfaatkan untuk santapan semata namun juga bisa menjadi sebuah bisnis besar yang dapat menguntungkan banyak orang.

Saat ini, pemanfaatan Ikan dalam media usaha sudah merambah menjadi sangat cepat perkembangannya hal ini didasari banyak hal mulai dari varian ikan itu sendiri yang kian bervariasi hingga harga ikan yang masuk kategori Premium.


Sebenarnya usaha perikanan itu sendiri mencakup setiap usaha perseorangan atupun badan hukum dalam menangkap ataupun membudidayakan ikan demi menciptakan nilai tambah ekonomi bagi para pelaku usaha.

Dalam dunia usaha perikanan seperti yang dijalani oleh Yusuf Ramli Komira dikenal 3 bidang usaha yang sangat umu. Apa saja jenis dari usaha perikanan tersebut? simak informasinya berikut ini

1. Usaha perikanan budidaya

Usaha perikanan budidaya atau yang dikenal juga dengan aquakultrur merupakan suatu kegiatan usaha yang bertujuan untuk memproduksi ikan dalam suatu wadah pemeliharaan yang dikontrol dan berorientasi kepada suatu keuntungan.

Salah satu contohnya adalah budidaya ikan lele, ikan nila, ikan gurami, ikan patin dan lain sebagainya. Usaha ini biasa dilakukan dalam bentuk tambak-tambak, kolam-kolam atau empang-empang yang diatur sedemikian rupa sehingga memiliki kondisi sempurna untuk mengembangkan sumber daya yang dibiakkan di sana.

Usaha budidaya termasuk usaha perikanan yang banyak dilakukan oleh beberapa pengusaha, tidak mengherankan jika usaha budidaya ini menjadi fenomena di kalangan bisnis men karena memiliki tingkat keuntungan yang cukup tinggi.

2. Usaha tangkap ikan

Lain lagi dengan usaha tangkap ikan, dimana usaha ini adalah suatu kegiatan usaha yang terfokus pada produksi ikan dengan jalan menangkap ikan yang berasal dari perairan darat maupun perairan laut.

Sebagai contoh, misalnya saja usaha penangkapan ikan tuna, ikan bawal laut, ikan sarden, dan jenis ikan lainnya. Usaha ini dilakukan dengan kapal-kapal yang dilengkapi perlatan khusus untuk menangkap hasil laut yang dituju guna mendapatkan hasil yang menguntungkan.

Metode penangkapan ikan ini sempat mendapatkan banyak sorotan karena tidak sedikit usaha yang menyebabkan kerusakan alam karena penangkapan dengan metode yang tidak bertanggung jawab. Namun sekarang sudah dipertegas dengan undang-undang dan para penangkap pun memiliki aturan agar mampu memberikan kontribusi bagi kelangsungan ekosistem.

3. Usaha perikanan pengolahan

Usaha perikanan pengolahan merupakan suatu kegiatan usaha dengan tujuan untuk meningkatkan nilai tambah yang dimiliki oleh suatu produk perikanan.

Disamping itu, usaha perikanan pengolahan ini juga bertujuan sebagai pendekatan produk perikanan terhadap pasar dengan harapan agar dapat diterima oleh konsumen secara luas dan menyeluruh.

Sebagai contoh usaha perikanan pengolahan yang marak dijalankan adalah usaha pembuatan nugget ikan, kerupuk ikan, bakso ikan, dan usaha-usaha sejenis lainnya.

Itulah tiga jenis usaha perikanan yang mungkin dapat menjadi inspirasi untuk Anda. Pilih usaha yang tepat dan pastikan usaha tersebut memiliki keuntungan namun tetap berlandaskan peraturan karena bagaimanapun Ikan termasuk dalam ekosistem alam yang harus di jaga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar