Rabu, 25 Maret 2015

Blog Yusuf Ramli : Ini Dia Jenis Ikan Populer Yang Mudah Dibudidayakan



Bisnis di bidang perikanan memang menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan akhir-akhir ini, mengapa? hal tersebut dikarenakan harga ikan yang cenderung naik membuat sebagian orang tertarik untuk membudidayakannya.

Meskipun menguntungkan, namun ada baiknya sebelum membudidayakan ikan harus tahu dulu apa jenis ikan yang populer dan mudah untuk dibudidayakan agar kita sebagai pebisnis bisa mendapatkan keuntungan dari ikan tersebut.


Lantas apa saja jenis ikan terpopuler yang cocok dan mudah untuk di budidayakan seperti yang dilakukan oleh Yusuf Ramli Komira? simak informasinya berikut ini.

1. Ikan mas

Ikan mas merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang sudah lama dibudidayakan oelh banyak orang bukan hanya di Indonesia tetapi juga di dunia. Di Cina sendiri, jenis ikan ini telah di budidayakan sekitar 4000 tahun sedangkan di Eropa beberapa ratus tahun yang lalu.

Usaha pemeliharaan ikan mas makin berkembang, dengan ditemukannnya teknologi pembesaran secara intensif di KJA (karamba jaring apung) dan KAD (kolam air deras).

Dengan kepopulerannya dan kemudahannya dalam dibudidayakan, Ikan Mas menjadi Ikan nomor satu yang cocok di budidayakan oleh Anda.

2. Ikan Lele

Disamping Ikan Mas, Ikan Lele menjadi ikan yang hidup di air tawar selanjutnya yang cocok di budidayakan oleh para pebisnis di bidang perikanan. Selain disukai karena memiliki daging yang cukup lunak, durinya sedikit dan harga nya cukup bervariasi, Ikan ini pun termasuk Ikan yang mudah di kembangkan dengan pertumbuhan yang sangat signifikan.

Jenis ikan lele cukup banyak, namun umumnya hanya terdapat 3 jenis ikan yang dibudidayakan di Indonesia. Rasio pakan daging ikan lele bisa mencapai 1:1. Artinya setiap pemberian pakan sebanyak 1 kg akan dihasilkan 1 kg peretambahan berat lele. Itulah mengapa jenis ikan ini menjadi favorit banyak orang untuk dibudidayakan.

3. Ikan Gurame

Di negara lain, Ikan gurame atau yang bernama latin Osphronemus goramy biasanya dipelihara dalam akuarium sebagai ikan hias. Namun di Asia Tenggara dan Asia Tengah, ikan ini merupakan ikan konsumsi yang disukai.

Selain dikonsumsi, Ikan Gurame juga termasuk jenis ikan yang sering di budidayakan dengan mengambil tempat di kolam-kolam pekarangan yang umumnya dibesarkan hingga ukuran 0,5 sampai 1 kilo gram perekor.

4. Ikan Patin

Masyarakat Indonesia pasti sangat akrab dengan ikan yang satu ini, ya Ikan Patin termasuk Ikan yang sering dibudidayakan dimana Pangasius hypothalamus menjadi salah satu jenis dari spesies Ikan ini yang akrab di negara Indonesia.

Saat ini kebutuhan ikan patin budidaya terus meningkat. Bahkan, Indonesia masih mendatangkan ikan patin dari Vietnam untuk konsumsi dalam negeri.

Patin bisa dibesarkan dengan kepadatan 20-30 ekor per meter kubik. Biasanya para pembudidaya membesarkan ikan patin selama 6 bulan tetapi khusus untuk pasar ekspor ukurannya lebih besar lagi.

Itulah beberapa jenis Ikan yang menjadi favorit untuk di budidayakan. Selain keempat jenis ikan ini, ada juga orang yang membudidayakan Ikan Nila, Ikan Lohan hingga Ikan Koi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar