Selasa, 07 April 2015

Blog Yusuf Ramli : Ketahui Tahapan Sebelum Memulai Bisnis Budidaya Ikan


Budidaya ikan menjadi salah satu solusi sebagai pemenuhan kebutuhan pasar saat ini yang memang konsumsi ikan sudah sangat besar setiap harinya. Sama seperti memenuhi kebutuhan pasar, budidaya ikan juga memperoleh keuntungan yang lebih besar seperti pengusaha ikan sukses satu ini bernama Yusuf Ramli Komira.

Dalam memiliki usaha perikanan anda membuthkan cara atau pengetahuan yang lebih luas untuk membuat bisnis menjadi sukses lagi. Caranya? Ada hal berikut ini yang patut anda harus ketahui


1. Kebutuhan Masyarakat
Dalam membangun budidaya perikanan, sebaiknya anda harus ketahui apa yang menjadi kebutuhan masyarakat saat ini. Anda bisa mengamati para pedagang ikan yang ada di pasar-pasar baik tradisional atau modern. Karnea dengan pengamatan seperti itu maka anda bisa langsung ketahui jenis ikan manakah yang paling diminati oleh para konsumen.

2. Buat Rencana Bisnis dan Strategi
Sebelum anda ingin terjun ke bisnis perikanan satu ini, rencanakan bisnis serta strategi yang tepat. Ketahui terlebih dahulu kebutuhan masyarakat tentang ikan. Karena ada beberapa nama ikan yang memang bisa dibudidayakan sehingga memenuhi kebutuhan masyarakat tersebut.

Namun dalam memenuhi kebutuhan masyarakat tentang ikan, anda membutuhkan modal yang cukup atau lumayan besar untuk membangunnya. Karena modal merupakan salah satu faktor utama untuk menunjang kelangsungan budidaya ikan.

3. Jalin Jaringan Terhadap Konsumen 
Jika anda ingin memiliki kesuksesan dalam bisnis budidaya ikan sebaiknya lakukan jaringan terhadap konsumen dengan baik. Adanya jaringan ini tentu saja menambah keuntungan serta kesuksesan budidaya anda secara langsung sehingga lebih maju lagi bisnisnya.

4. Amati Kompetitor
Jika anda baru saja memulai maka kompetitor sebelumnya yang sudah maju lebih dahulu harus anda teliti tips dan triknya dalam mengungguli produknya. Dengan begitu, anda juga bisa langsung melihat apa yang menjadi keunggulannya serta langkahnya.

5. Ciptakan Inovasi Berbeda Dari Kompetitor
Jika anda ingin menciptakan bisnis perikanan yang lebih besar boleh saja melihat kompetitor, namun jangan terlalu sama dengan kompetitor. Sebaiknya lakukan bibit budidaya yang jenisnya unggul untuk menyilangkan beberapa jenis ikan hingga mendapatkan jenis ikan yang tidak dimiliki oleh kompetitor.

Demikian merupakan beberapa tahapan yang bisa anda lakukan ketika ingin memulai bisnis perikanan. Jika anda ingin lebih sukses seperti Yusuf Ramli Komira dalam bidang perikananannya yang maju maka jangan pantang menyerah dan lakukan inovasi baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar