Rabu, 29 April 2015

Blog Yusuf Ramli : Tips Membudidayakan Pakan Ikan Murah Dengan Azolla


Sebagai pengusaha perikanan yang sukses seperti kasus Yusuf Ramli Komira, Anda harus memiliki pakan yang baik dan aman bagi ikan agar kualitasnya menjual di pasaran. Namun tentu saja hal ini sangat memberatkan bagi anda yang baru saja membuka budidaya perikanan bukan?

Tapi tenang saja, ada pakan ikan yang murah namun tetap baik bagi perikanan. Apa itu? Azolla. Azolla sendiri merupakan spesies tumbuhan paku-pakuan akuatik yang tumbuh di permukaan air. Tumbuhan ini bersimbiosis dengan anabaena azollae, alga biru hojai dan Azolla sebagai inang atau rumah bagi alga.


Alga akan hidup dibawah rongga daun Azolla yang menjadikan simbiosis ini saling menguntungkan. Anabaena bertuyga untuk memfiksasi dan mengasimilasi gas nitrogen dari atmosfer. Kemudian nitroden ini selanjutnya digunakan oleh Acolla untuk membentuk protein.

Nah, Azolla ini akan menyediakan karbon serta lingkungan yang nyaman bagi pertumbuhan serta perkembangan alga. Hubungan simbiotik inilah yang membuat Azolla menjadi tumbuhan dengan kandungan nutrisi yang menakjubkan.

Namun untuk membudidaya Azolla microphylla ada beberapa hal yang harus anda persiapkan. Pertama siapkan lahan, kemudian buatkan kolam dangkal yang bisa terbuat dari tanah, semen atau terpal. Kemudian isi kolam dengan tanah campuran pupuk kandang dengan perbandingan 50;50 setebal 5 cm.

Setelah itu, anda bisa menambahkan pupuk SP 36 dengan takaran 6,5 gr/m. Jika sudah, isi kolam dengan air dengan ketinggian sekitar 3 cm. Taburkan bibit azolla dengan takaran 50-70 ge/m kubik. Biarkan selama 2 minggu atau lebih dengan menjaga ketinggian air.

Agar anda ingin pertumbuhan dari Acolla optimal, tambahkan probiotik yang tepat secara rutin 2 hari sekali. Tunggu selama 2 minggu atau lebih untuk menjaga ketinggian airnya dan lakukan permanen ketika Azolla sudah kelihatan menumpuk dan menebal menutupi permukaan kolam.

Anda bisa memanen Azolla 1 -2 minggu sekali atau sesuai kebtuhan pakan ikan yang biasa diberikan. Dengan Azolla maka ikan anda pun bisa berkembang dengan baik karena didalamnya memiliki nutrisi yang membuat Azolla sangat efisien dan efektif sebagai pakan ikan dan ternak.

Ikan dan ternak juga mudah untuk mencernanya karena kandungan protein yang tinggi dan lignin yang rendah. Semoga anda bisa mendapatkan ikan yang menjual di pasaran sehingga pendapatan bertambah serta berkembang pesat nantinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar